Thursday 7 August 2014

Bismilillahirrahmanirrahim 


Baru saja saya mengikuti kajian tentang Al-Qur'an di masjid dekat rumah saya. Kajian itu menurut saya sangatlah penting.. Mungkin sudah banyak orang yang sudah mengerti tentang ini, namun InsyaAllah saya ingin kembali mengingatkan dan tidak akan hanya menyimpan ilmu ini di dalam otak saya.. namun saya harus mengamalkan ilmu itu.. itu kewajiban saya. 

Al-Qur'an sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat adalah kitab yang diturunkan Allah kepada Rasul-Nya yang terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. Tentu kita harus sering-sering membacanya.. Jika kita sudah sering membaca Al-Qur'an kita haruslah dapat MEMAHAMI isi Al-Qur'an tersebut. Fungsi utama Al-Qur'an adalah sebagai pedoman yang perlu dipahami.. Akankah pedoman dunia-akhirat hanya dibaca? Tanpa kita mengetahui isinya.. Padahal di dalam Al-Qur'an semua sudah dijelaskan, mulai kisah nabi Adam hingga nabi Muhammad.. Apa yang terjadi pada akhir zaman nanti.. Dan apa yang terjadi di hari akhir nanti.. semuanya sudah lengkap dikisahkan di Al-Qur'an. 

Jika kita sedang membaca koran, setelah selesai membacanya kita ditanya "Yang kau baca tadi tentang apa?" Kita pasti bisa menjawab. Namun jika kita selesai membaca Al-Qur'an kita ditanya "Yang kau baca tadi tentang apa?" kita pasti akan sulit menjawab karena kita hanya sebatas membaca arabnya saja.. tanpa membaca dan memahami arti ayat tersebut.  

Jika kita sudah ada niat untuk memahami Al-Qur'an, selalu terbayang di benak kita bahwa memahaminya itu "SULIT". Jika itu terus menerus ada di benak kita, kita tidak akan bisa memahami Al-Qur'an. Mindset yang ada di otak ini harus diubah.. semula yang kita menganggap sulit menjadi mudah.. 

Bahkan Allah sudah berjanji di dalam Al-Qur'an surat Al-Qamar ayat 17,22,32, dan 40..



 وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?


Allah telah mengulang sebanyak 4 kali ayat ini.. Allah ingin benar- benar meyakinkan bahwa Al-Qur'an itu mudah untuk dipelajari.. Tapi pertanyaan terbesarnya yang terdapat di surat itu "maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" Akankah kita mau meluangkan waktu dalam seminggu yang kita gunakan bekerja untuk memperbanyak bekal kita di akhirat nanti? Tentunya keputusan hanya ada di kita semua.. 

Wallahu'alamubisshawab

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer