Tuesday 5 August 2014


Bismillahirrahmanirrahim

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang puasa satu tahun ini.. Mungkin ada juga yang berpikiran bahwa puasa satu tahun itu haram karena sama saja puasa setiap hari.. Tidak. Yang dimaksudkan disini bukanlah puasa satu tahun full setiap hari, namun jika melakukan puasa ini bagaikan puasa SATU TAHUN.. Apa puasa itu? Yaitu puasa syawal. Seperti yang dikutip dalam hadits berikut ini : 

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ
 رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِرواه مسلم وأبو داود والترمذي .والنسائي وابن ماجه

Dari Abu Ayyub al Anshari Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan, lalu diiringi dengan puasa enam hari pada bulan Syawwal, maka dia seperti puasa sepanjang tahun”. [Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, at Tirmidzi, an Nasaa-i dan Ibnu Majah]. 

Di dalam hadits juga menyebutkan bahwa puasa pada bulan Ramadhan ganjaran yang Allah beri laksana 10 bulan... dan pelengkap dua bulannya yaitu dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawwal.

Jika kita puasa setiap hari dalam satu tahun, tentu kita tidak akan bisa melakukan dan Rasulullah pun juga mengharamkan puasa itu. Namun dengan puasa syawal 6 hari setelah bulan Ramadhan, Allah memberi ganjaran dengan pahala puasa selama 1 tahun.. Apakah kita akan menyia-nyiakan puasa ini? Mumpung bulan Syawwal masih panjang.. mari kita menahan hawa nafsu kita kembali dengan berpuasa setelah Bulan Ramadhan selama 6 hari..

Hikmah puasa Syawwal 6 hari sendiri ialah agar kita tetap semangat menjalankan ibadah Allah setelah perginya bulan Ramadhan.. Semoga kita selalu diberi kekuatan oleh Allah untuk selalu melaksanakan ibadah-ibadahnya.. 

Wallahu'alamubisshawab 

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer