Wednesday 6 August 2014


Bismillahirrahmanirrahim

Pertanyaan diatas jelas menggambarkan bahwa kaum muslimin dan muslimat di era seperti ini sudah banyak yang meninggalkan Al-Qur'an. Di tangan mereka sudah tidak ada yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dunia-akhirat.. yang ada di tangan mereka hanyalah media elektronik yang dapat menjauhkan mereka dari Al-Qur'an. 

Kapan kita sempatkan waktu kita ini untuk membaca Al-Qur'an? Banyak orang yang malas membaca Al-Qur'an padahal di dalamnya terdapat pedoman hidup di dunia.. Banyak orang yang tidak punya waktu untuk membaca Al-Qur'an padahal di dalamnya mendapat pahala yang besar di sisi Allah SWT. 

Apakah engkau cinta kepada Allah dan Rasulnya? Jika engkau mengucapkan "iya" namun engkau tidak pernah membuka Al-Qur'an untuk dibaca maka engkau berbohong.. Karena barangsiapa yang cinta pada Allah dan Rasulnya.. Seperti yang terkandung pada hadits berikut. 


عَنْ عَبْدِ اللهِ بن مسعود رضى الله عنه ، أنه قَالَ: ” مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَعْلَمَ أَنَّهُ يُحِبُّ اللهَ وَرَسُولَهُ فَلْيَنْظُرْ، فَإِنْ كَانَ يُحِبُّ الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يُحِبُّ اللهَ وَرَسُولَهُ “.
“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Siapa yang ingin mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah jika dia mencintai Al Quran maka sesungguhnya dia mencintai Allah dan rasul-Nya.” (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Syu’ab Al Iman, karya Al Baihaqi). 

Akankah kita hanya membaca ayat-ayatnya ketika dalam shalat saja? Apa surat yang engkau baca dalam shalat? An-Nas, Al-Ikhlas, Al Kafirun.. atau hanya surat-surat pendek yang lain saja? Padahal di dalam Al-Qur'an tidak hanya ada surat-surat pendek.. namun surat-surat panjang yang di dalamnya penuh makna, pedoman, dan berbagai kisah tentang rasul-Nya.. 

Al-Qur'an.. 

Sungguh malang nasibmu.. 

Engkau bertebaran dimana saja.. 

Namun tidak ada yang membaca.. 

Beruntunglah orang-orang yang sering membacanya..

Dan orang-orang yang mengajarkannya.. 

Al-Qur'an akan datang kepada mereka.. 

Sebagai pemberi syafaat..

Di hari kiamat nanti.. 

Wallahu'alamubisshawab

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer